Batang Otak "si penopang otak "

img
Batang Otak "si penopang otak "

Batang Otak "si penopang otak "

Batang Otak :

Batang otak juga dikenal sebagai batang otak adalah bagian belakang otak, bergabung dan secara struktural bersambung dengan sumsum tulang belakang. Di otak, batang otak terdiri dari otak tengah, pons, dan medula oblongata.

Batang otak melakukan persarafan motorik dan sensorik ke wajah dan leher melalui saraf kranial. Mengenai dua belas pasang saraf kranial, sepuluh pasangnya berasal dari batang otak. Ini adalah bagian otak yang sangat berharga karena koneksi saraf sistem motorik dan sensorik dari bagian tengah otak ke seluruh tubuh menjangkau melalui batang otak. Ini terdiri dari saluran kortikospinal (motorik, jalur lemniskus kolumna dorsal-medial (sensasi getaran, sentuhan halusm dan propriosepsi), termasuk saluran spinotalamikus (suhu, nyeri, gatal, dan sentuhan kasar).

Barang otak selanjutnya memainkan peran pentung dalam pengaturan fungsi jantung dan pernapasan. Batang otak juga mengatur sistem saraf pusat dan penting dalam menjaga kesadaran dan mengendalikan siklus tidur. Batang otak menyediakan berbagai fungsi dasar termasuk detak jantung, penapasan, tidur, dan makan.

Bagian Batang Otak

Otak tengah/Mesenfalon:

Otak tengah juga disebut mesencephalon, yang terdiri dari tektum, tegmentum, dan tementum ventral. Otak tengah mempunyai fungsi penting dalam gerak motorik, khususnya gerakan mata, dan dalam pemrosesan pendengaran dan visual. Letaknya didala barang otak dan di antara otak depan dan orak belakang. Otak tengah adalah bagian terkecil dari tiga area batang otak, dengan panjang rata-rata sekitar 2cm.

Tektum terdiri dari colliculi inferior dan superior serta penutup dorsal saluran air serebral. Kolikulus inferior merupakan inti otak tengah utama yang berhubungan dengan jalur pendengaran dan mendapat masukan dari beberapa inti batang otak perifer, serta masukan dari korteks pendengaran. Di atas kolikulus inferior, kolikulus superior menandakan otak tengah rostral. Colliculus superior berfungsi sebagai indra penglihatan khusus dan meneruskan brachium superiornya ke badan genikulatum lateral diencephalon. Tegmentum batang otal yang membentuk dasar otak tengah dan bagian ini berada di ventral saluran air serebral. Banyak inti, saluran, dan formasi retikuler dibawa kesini. Tegmentum ventral temasuk dalam tangkai serebral berpasangan. Ini mengirimkan akson neuron motorik atas.

Pons :

Pons adalah bagian batang otak dan terletak di inferior otak tengah, diatas medula oblongata dan di anterior otak kecil. Wilayah batang otak ini terdiri dari jalur dan saluran saraf yang mentrasnfer sinyal dari otak ke otak kecil dan medula, serta saluran yang mengirimkan sinyal sensorik ke talamus.

Pons berukuran panjang sekitar 2,5 sentimeter (0,98 inci) pada manusia. Sebagian besarnya menyerupai tonjolan anterior lebar di bagian rostral hingga medula. Di bagian posterior, pons terutama terdiri dari dua pasang tangkai tebal yang disebut pedunkulus serebelum. Mereka menempelkan otak kecil ke pons dan otak tengah.

Pons terdiri dari inti yang mengirimkan sinyal dari otak depan ke otak kecil, disertai dengan inti yang terutama berhubungan dengan tidur, pernapasan, menelan, kontrol kandung kemih, pendengaran, pengecaoan, keseimbangan, gerakan mata, ekspresi wajah, sensasi wajah, dan postur.

Di dalam pons terdapat pusat pneumotaksis yang terdiri dari intik subparabrachial dan medial parabrachial. Pusat ini mengotrol perubahan dari inhalasi ke pernapasan.

Pons berhubungan dengan kelumpuhan tidur, dan mungkin juga berperan dalam menghasilkan mimpi.

Medula :

Medula juga dikenal sebagai medula oblongata terletak dibatang otak, anterior dan agak rendah ke otak kecil. Medula adalah massa saraf berbentuk kerucut yang disesuaikan untuk fungsi otonom mulai dari muntah hingga bersin. Medula oblongata terdiri dari pusat jantung. pernafasan, muntah dan vasomotor dan akibatnya berhubungan dengan fungsi otonom pernafasan, detak jantung, dan tekanan darah.

Sepanjang pekembangan embrio, medula oblongata berkembang dari myelencephalon, juga dikenal sebagai otak belakang.

Bohlam adalah istilah kuno untuk medula oblongata, dapat merujuk pada saraf dan saluran yang melekat pada medula, dan juga berhubungan dengan otot-otot yang dipersarafi, seperti lidah, faring dan laring.

Fungis Batang Otak

Ada tiga dungsi utama batang otak :

Batang otak melakukan fungsi konduksi. Semua informasi yang ditransfer dari tubuh ke otak besar dan otak kecil dan sebaliknya harus melewati batang otak. Jalur menarik dari tubuh ke otak adalah jalur sensorik dan mencakup saluran spinotalamikus untuk sensasi nyeri dan suhu dan fasikulus kuneata untuk sentuhan, propriosepsi, dan jalur lemniskus kolumna dorsal-medial termasuk sensasi tekanan fasikulus gracile.

saraf kranial III-XII muncul dari batang otak. Saraf kranial ini mempersarafi kepala, wajah, dan organ dalam. Dua pasang saraf kranial pertama berasal dari otak besar.

Fungsi batang otak terlibat dalam pengendalian pernapasan, pengendalian sistem kardiovaskular, pengendalian sensitivitas nyeri, kewaspadaan, kesadaran, dan kesadaran. Kerusakan batan otak merupakan masalah yang serius dan biasanya mengancam jiwa.

Singaktnya, batang otak mengontrol berbagai fungsi penting tubuh termasuk :

  • Pernafasan
  • Kontrol Tekanan Darah
  • Kewaspadaan
  • Gairah
  • Pencernaan
  • Detak Jantung
  • Fungsi Otonomi Tambahan : Batang otak membawa informasi antara saraf tepi dan sumsum tulang belakang ke bagian atas otak.

Cedera Batang Otak

Cedera batang otak yang disebabkan oleh trauma atau stroke dapat menyebabkan masalah monilitas dan koordinasi gerakan, seperti berjalan, menulis dan makan menjadi sulit dan individu mungkin memerlukan perawatan seumur hidup. Stroke yang terjadi pada batang otak menyebabkan rusaknya jaringan otak yang diperlukan untuk menjalankan peran vital tubuh seperti pernapasan, irama jantung, dan menelan. Stroke terjadi ketika aliran darah ke otak terganggun, paling sering disebabkan oleh bekuan darah. Ketika batang otak rusak, sinyal antara otak dan seluruh tubuh terganggu.

Stroke batang otak dapat menyebabkan masalah pernapasan, detak jantung, pendengaran, dan bicara. Hal ini selanjutnya dapat menyebabkan kelumpuhan pada lengan dan kaku, serta rasa kusam pada tubuh atau pada satu sisi tubuh.

Stroke batang otak selanjutnya dapat menyebabkan penglihatan ganda, bicara tidak jelas dan penurunan tingkat kesadaran.

Faktor risiko stroke batang otak adalah tekanan darah tinggi, diabetes, penyakit jantungm fibralasi atrium, dan merokok.


Sumber : info anatomi