Amigdala " almondlike" , Bagian Otak yang Unik

img
Amigdala " almondlike" , Bagian Otak yang Unik

Amigdala " almondlike" , Bagian Otak yang Unik

Amigdala adalah salah satu dari dua inti berbentuk almond yang terletak lebih dalam dan medial di daerah lobus temporal otak, tepat di anterior hipokampus. Amigdala adalah bagian dari sistem limbik, yaitu wilayah otak yang utama terkait dengan pemprosesan memori, pengambilan keputusan, dan respons emosional.

Meskipun secara historis amigdala dianggap berhubungan, terutama dalam rasa takut dan emosi lain yang terkait dengan rangsangan yang tidak menyenangkan, namun kini dipahami juga terkait dengan emosi positif yang ditimbulkan oleh rangsangan nafsu makan (sebagai hadiah yang menyenangkan).

Anatomi Amigdala

Amigdala terdiri dari sekelompok inti (nukleus)atau kelompok neuron. Di antara inti tersebut adalah kompleks basolateral, inti medial, inti kortikal, inti pusat, dan kelompok sel selingan. Kompleks basolateral juga dapat didistribusikan ke inti basal lateral, basal, dan aksesori.

Nukleus lateral adalah penerima masukan yang signifikan dari konteks sensorik (mewakili informasi rangsangan sensorik) dari semua modalitas (misalnya penglihatanm pendegnanran). Sebagai apresiasi, telah ditetapkan bahwa rangsangan pendengaran tiba di amigdala langsung dari area subkortikal otak yang dikenal sebagai nukleus genikulatum medial, yang terdapat di talamus.

Inti(nukleus) kortikal dan medial juga dikenal sebagai kelompok kortiko-medial. Informasi penciuman (penciuman) muncul langusng ke amigdala kortiko-medial dari bulbus olfaktorius dan konteks piriformis, keduanya berfungsi sebagai indra penciuman.

Dalam menghitung masukan sensorik, amigdala mendapat masukan dari sejumlah sistem otak kotrikal dan subkortikal. Yang paling menonjol, amigdala mendapat masukan padat dari korteks prefrontal, terutama dari korteks cingulate anterior dan orbitofrontal. Amigdala juga menerima masukan nyata dari insula dan dari hipokampus serta korteks rhinal(penciuman).

Fungsi Amigdala 

Amigdala mampu merasakan emosi seperti ketakutan, kemarahan dan kesedihan, serta mengendalikan agresi. Amigdala berfungsi untuk menyimpan ingatan akan peristiwa dan emosi sehingga seseorang mampu memahami peristiwa seupa di masa depan. Misalnya, jika anda pernah menderita gigitan anjing, sebelumnya amigdala dapat membantu memproses kejadian tersebut dan, akibatnya, meningkatkan rasa takut atau kewaspadaan anda terhadap anjing tetangga, Jumlah amigdala berhubungan positif dengan peningkatan agresi dan perilaku fisik.

Amigdala juga menjalankan fungsi dalam aktivitas seksual. Ukuran dan bentuknya dapat bervariasi berdasarkan usia, aktivitas hormonal, dan kelamin seseorang. Misalnya, laki-laki yang memiliki amigdala yang lebih kecil, dan pada gilirannya, mungkin memeiliki gairah seks yang lebih rendah.


Sumber : Info anatomi